Senin, 04 April 2011

proses perontokan cat

1. Cara Mekanik
adapun cara yang dilakukan seorang mekanik di bagi 3 yaitu :

A. Dibakar / Burning Off
Adalah suatu cara yang pas untuk mengupas cat dari permukaan, dengan menggunakan kompor gas kemudian cat itu dibakar dan sementara itu sambil diskrap dengan menggunakan putty knife. Nyala api diarahkan pada permukaan cat sehingga cat lama mudah dikupas keluar oleh putty knife.Tapi perlu diingat bahwa dalam proses pembakaran ini juga harus memperhatian area yang akan di bakar apabila permukaan tersebut tidak memungkinkan untuk proses pembakaran sebaiknya tidak dilakukan. Kompor gas tidak boleh digunakan diatas permukaan panel seperti halnya pada waktu membakar logam, untuk menghilangkan lapisan - lapisan pengisi dari sekeliling sambungan.

B.  Mesin Sander
Sander adalah sanding tool yang diberi power dimana amplas dipasang dan digunakan untuk mengamplas lapisan cat, putty / surfacer. Menurut tipe power yang digunakan sander dapat dibagi menjadi : Tipe elektrik yaitu yang menggunakan tenaga elektrik dan Tipe pnumatik yaitu menggunakan udara bertekanan.
Cara ini adalah digunakan untuk mengupas-cat dangan mesin sander disertai kertas amplas yang kasar, yaitu nomor : 24 % 36. Mengupas dengan mesin sander merupakan pekerjaan yang lambat karena sebagian dari lubang - lubang kertas amplas tertutup oleh bekas - bekas cat lama, sehingga kertas amplas itu hams dibersihkan atau diganti. Dalam pengerjaan ini kadang dapat merusak chrom molding, lapisan pengisi timah, atau bahkan dapat inembuat goresan yang dalarn pada suatupermukaan panel tersebut, sehingga kemudian dapt menyebabkan '"marks sinking" (tanda terbenam atau menonjol diatas permukaan selelah selesai dicat warna). Menggunakan mesin sander untuk pengupasan hanya cocok pada daerah yang besar, dan mesin ini kurang bisar menjangkau lekukan - lekukan body yang sempit.

C. Pembersihan Dengan Pasir
Adalah menghilangkan cat lama yang umumnya diketahui seperti sand blasting (mcngupas dengan ledakan). Sebenarnya ada banyak jenis paitikel-pertikel pengamplas yang digunakan untuk mengamplas, bebrapa diantaranya adalah pasir dan pecahan kaca. Mengamplas dengan ledakan sangat penting sekali terutama untuk membersihkan kerusakan yang disebabkan oleh api dan karat.


2. Menggunakan Cairan Pengupas ( Paint Strip )
Ada banyak jenis pengupas cat yang tersedia di pasaran, umumnya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
 
A. Pengupas Cat yang Tajam ( Caustic base Stripper ) 
Jenis pengupas cat ini paling baik untuk mengupas cat. Larutan ini berisi : bensol, soda api, wax, dan bahan tambahan lainnya. Cairan ini dioleskan di atas permukaan cat lama dengan lapisan agak tebal dan merata pada semua permukaan. Bahan ini akan meresap pada lapisan cat setelah 2 atau 3 jam. Untuk. memperoleh penetrasi yang lebih baik, maka sebaiknya didiamkan selama beberapa jam agar dapat meresap maksimal. Setelah itu disemprot dengan menggunakan air dengan semprotan yang kuat, untuk memperoleh hasil yang baik sehingga dapat membersihkan semua kotoran dan mineral yang masuk. Dengan demikian permukaan panel yang telah bersih siap untuk dicat. Steam cleaner dapat digunakan untuk membersihkan panel yang telah dikupas calnya (suduh di stripper).
Kemudian bersikan panel dengan mengunakan air sampai bersih(disemprot dengan air) setelah semua bersih akan ada dempul yang tertinggal hal ini bisa dihilangkan dengan memberikan cairan sekali lagi dan sisir dengan mengunakan putty knife sehingga panel menjadi benar-benar bersih

B. Solvent Base Stripper ( Scrape Off )
Pengupas cat ini terdiri dari sejumlah larutan, diantaranya molhyline clorida dan wax yang dapat larut dalam air. Larutan ini boleh digunakan pada semua cat, tetapi lebih efektif pada cat enamel. Setelah larutan ini dipakai pada cat enamel, maka cat enamel akan mengkerut. Lapisan yang tclah mcngkerut ini akan mudah untuk dihilangkan, yaitu cukup dengan menggunakan scrap (putty knife).
Lapisan base stripper ini pemakaiannya agak tebal diatas permukaan yang sempit, larutan ini akan cepat kering pada bagian yang sempit itu. Lapisan ini masuk ke pori - pori lapisan cat dan setelah + ]0 menit lapisan cat lama dapat discrap dengan cepat. Apabila lapisan cat utama telah terkeJupas, maka lapisan yang tersisa dapat diamplas dengan amplas nomor : 100 % 180 dengan air atau terpenting yang dapat irembersihkan lapisan - lapisan genuik. Jika panel telah bersih dan kering, maka sebaiknya segera dicat primer.
Mengelupas dengan larutan ini termasuk cara yang lainbat, tetapi hasilnya lebih bersih dan mudah digunakan pada bagian yang kecil. Apabila ada daerah yang tidak akan dikupas, maka sebaiknya daerah tersebut ditutup dengan 3 s/a 4 lapisan kertas masking tape agar daerah tersebut tidak terjadi kerusakan
Larutan ini tidak meninggalkan bekas (solvent berisi larutan wax yang dicuci dengan air), dan ideal untuk mengupas cat pada kayu maupun permukaan logam. Dalam hal ini air dapat digunakan untuk menetralkan pengupas. Sebaiknya semua hiasan - hiasan dan molding diiepas sebelum memulai pengupasan cat lama.
 

1 komentar:

  1. terimakasih infonya.,. jngan lupa mampir kesni ya : http://motogp.unsri.ac.id/

    BalasHapus